Tempat Wisata

Credit : Shutterstock.com

KLENTENG SAMPOKONG

Jarak dari UTC 1.5Km

Kelenteng Sam Po Kong merupakan tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang.

Di dalam gua batu terdapat sebuah altar, serta patung-patung Sam Po Tay Djien.

Apa yang Wajib Anda Lihat : Pohon Rantai

Mendongaklah ke atas dan lihat keunikan pohon yang satu ini. Bentuk dahannya menyerupai rantai atau tambang kapal. Anda mungkin tidak akan menemukan fenomena alam unik seperti ini di tempat lain.

Jam Operasional 08:00 - 20:00

Alamat Jalan Simongan Raya No. 129, Semarang - Jawa Tengah

Credit : @radytama

BRIDGE FOUNTAIN SEMARANG

Jarak dari UTC 1.6Km

Bridge Fountain atau Jembatan Air Mancur Menari merupakan atraksi jembatan air mancur yang pertama di Indonesia. Menjadi salah satu daya tarik tersendiri di Kota Semarang. Wisata ini pasti menarik perhatian khusus bagi para wisatawan untuk berdatangan ke Kota Semarang demi melihat secara langsung atraksi air mancur ini.

Air mancur pelangi di Semarang ini persis seperti atraksi air mancur menari di Jembatan Banpo Sungai Han, Korea Selatan.

Jadwal Atraksi Air Mancur Menari Atau Semarang Bridge Fountain

Pertunjukan Bridge Fountain atau atraksi air mancur di jembatan ini bisa dinikmati oleh siapapun yang melintasinya.

Wisata Air Mancur Menari ini mengalami perubahan jadwal yang semula digelar setiap malam selama 30 menit dari pukul 19.30 WIB sampai dengan 20.00 WIB, menjadi hanya Jumat dan Sabtu pukul 19.30 - 20.00 WIB dan 21.00 - 21.30 WIB

Credit : @ayyearifin

KAMPUNG PELANGI KALISARI

Jarak dari UTC 2Km

Dengan warna-warni yang sangat eye-catching, Kampung Wonosari punya julukan baru yaitu Kampung Pelangi. Bukan cuma tembok rumah yang dipenuhi warna tetapi juga atap dan tiap sudut jalanan kampung.

Kalau berjalan di antara gang sempit Kampung Pelangi, kamu akan melihat banyak sekali gambar 3D di tembok-tembok rumah. Jalanan di kampung ini juga tak ketinggalan untuk diwarnai. Dengan warna-warni cerah ditambah keramahan masyarakat Indonesia, membuat banyak orang betah berjalan-jalan mengeliingi Kampung Pelangi yang satu ini.

Tampilan kampung ini boleh jadi mirip kota Olinda di Brazil, tapi pastinya tetap dengan cita rasa Indonesia. Seru banget!

LAWANG SEWU

Jarak dari UTC 2.6Km

Bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti “Seribu Pintu”. Sebutan Sewu (seribu dalam bahasa Jawa), merupakan penggambaran masyarakat Semarang tentang banyaknya jumlah pintu yang dimiliki Lawang Sewu, meski dalam kenyataannya jumlah pintu yang ada tidak mencapai seribu, namun lebih tepatnya 429 buah lubang pintu. Namun Lawang Sewu memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar yang membuat jendela tersebut nampak seperti pintu.

Awal Berdiri

Lawang Sewu mulai dibangun oleh Belanda pada 27 Februari 1904 dan rampung pada tahun 1907. Pada awalnya gedung ini berfungsi sebagai kantor pusat perusahaan kereta api swasta milik Belanda dengan nama Nederlands Indische Spoorweg Maatschappj atau disingkat NIS. Perusahaan inilah yang pertama kali membangun jalur kereta api di Indonesia menghubungkan Semarang, Surakarta dan Yogyakarta.